Tuesday, January 7, 2014

Menu Sarapan Pas ala Kaki Lima


Halo pecinta kuliner..
Kali ini kita akan membahas kuliner enak, nikmat, dan bikin kenyang perut kalian. Tapi yang satu ini kita akan mengajak kalian menikmati menu sarapan ala kaki lima. Mau tau apa aja? Nih simak.

Nasi Kuning

Nasi kuning adalah makanan khas Indonesia. Makanan ini terbuat dari beras yang dimasak bersama dengan kunyit serta santan dan rempah-rempah. Dengan ditambahkannya bumbu-bumbu dan santan, nasi kuning memiliki rasa yang lebih gurih daripada nasi putih. Nasi kuning adalah salah satu variasi dari nasi putih yang sering digunakan sebagai tumpeng. Nasi kuning biasa disajikan dengan bermacam lauk-pauk khas Indonesia. Untuk menikmati nasi ini, anda yang berada di kawasan Tembalang bisa datang langsung jalan Tirto Agung arah menuju Al-Azhar. Harganya pun cukup terjangkau, hanya Rp. 8000.

Bubur Ayam

Sebenarnya makanan ini hanyalah bubur putih biasa yang terbuat dari nasi yang makannya di temani oleh suwiran ayam, emping atau kerupuk, kacang kedelai dan juga kuah kare yang lezat. Makanan ini sangat cocok untuk menu sarapan. Di area Tembalang sendiri, cukup mudah mendapatkan pedang kaki lima yang menjajakan bubur ayam. Namun yang paling terkenal di Tembalang adalah bubur ayam pak Brewok di Ngesrep.

Nasi Pecel

Makanan ini benar-benar sehat dan menggugah selera makan anda. Nasi pecel biasanya terbuat dari nasi yang di beri pecel di atasnya. Pecelnya itu sendiri biasanya terdiri dari bayam, kacang panjang, toge, yang disiram dengan sambal kacang yang pedas. Sangat menggoda bukan? Apalagi jika ditambah dengan gorengan. Mantap! Tidak usah bingung mencari salad jawa ini. Di Banjarsari terdapat warung pecel Penny yang sudah terkenal dan tidak asing lagi di telinga Mahasiswa Tembalang.

Lontong Sayur

Bagi kamu yang suka makanan berkuah, lontong sayur adalah menu sarapan yang pas buat kamu. Irisan lontong yang disiram dengan kuah opor pasti sangat nikmat. Apalagi ditambah suwiran ayam yang gurih, terus ditambah krupuk yang kriuk-kriuk sungguh kudapan yang mengguggah selera. Sangat mudah mencari kuliner satu ini. Di sepanjang jalan di Ngesrep kamu akan menemukan banyak penjual lontong sayur. Kamu juga bebas memilih tempat kamu yang kamu suka. Boleh juga lho menjajal satu-persatu lontong sayur dari berbagai penjual disana.

Nasi Uduk

Nasi Uduk adalah makanan khas Betawi. Berbeda dengan nasi putih pada umumnya, Nasi Uduk tidak terlihat putih dan butiran nasinya tidak lengket satu sama lain. Hal itu dikarenakan proses memasak beras yang terlebih dahulu diaron dengan menggunakan air santan, daun salam, daun jeruk, laos, dan serai, untuk kemudian dikukus hingga matang. Hasilnya, rasanya pun menjadi gurih dan beraroma harum.

Hidangan ini biasanya disajikan dengan taburan bawang goreng, dengan lauk berupa ayam goreng, tahu dan tempe goreng, sambal kemiri kental berwarna kemerahan yang rasanya pedas, serta daun kemangi. Nasi Uduk sering juga disajikan bersama lauk pauk lainnya seperti udang goreng, empal, jeroan goreng, telur dadar, dan ditambah sayur asem atau lalapan.

Untuk menikmati nasi uduk kamu bisa datang ke Ngesrep. Disana, kamu akan menemukan banyak penjual nasi uduk dengan berbagai pilihan lauk pauk kesukaan kamu pastinya.

Cukup menarik bukan informasi mengenai menu sarapan yang pas ala anak kos. Bisa jadi pertimbangan sarapan kamu nih! Jika ada kedai lain yang menurut kalian enak dan perlu dikunjungi, silahkan tulis di kolom komentar ya. Selamat berkuliner..

Nurul Laelatul Latifah
Foto diambil dari Google.com

No comments:

Post a Comment