Saturday, December 14, 2013

Dok Do Korean Restaurant : Menikmati Cita Rasa Masakan Korea


Dok Do Korean Restaurant

Jika anda penggemar serial drama Korea, tentu anda sering melihat berbagai makanan Korea yang menggiurkan lidah. Tidak perlu jauh-jauh ke negeri gingseng, di Semarang kita juga bisa merasakan makanan Korea. Salah satu restauran korea yang ada di Semarang yakni Dok Do Korean Restaurant. Dok Do Korean Restaurant (dulunya Dae Jang Geum) terletak di Jl. Sisingamangaraja No.24-54 Semarang, dekat dengan Hotel Grand Candi. 

Memasuki rumah makan ini kita akan disambut dengan suasana klasik dan rumahan. Begitu menempati meja, kita langsung mendapatkan segelas teh tawar dingin sambil pelayan mencatat pesanan kita. Berbagai menu masakan Korea ditawarkan restauran ini. Mulai dari Bi Bim Bab (Nasi Campur Korea), Cha Jang Myun (Mie Korea dengan saus kedelai hitam), hingga daging panggang yang bisa kita masak sendiri di meja kita. 


Bi Bim Bab
 Bi Bim Bab merupakan nasi campur korea yang berisi berbagai macam sayuran seperti bayam, tauge, jamur, dan potongan daging sapi serta telur, juga terdapat taburan nori diatasnya. Bi Bim Bab ini disajikan dengan sambal khas Korea; Gochujang dalam wadah hot plate. Cara makannya, kita harus mencampurkan gochujang lalu mengaduknya hingga bercampur. Hangatnya nasi dan berbagai campuran sayuran serta daging berpadu nikmat dengan sambal gochujang. 


Cha Jang Myun

Cha Jang Myun adalah mie  Korea dengan saus kedelai hitam yang didalamnya terdapat potongan kentang serta daging. Daging cha jang myun sendiri originalnya adalaha daging babi, namun kita bisa menggantinya dengan daging sapi. Berbeda dengan Bi Bim Bab yang cenderung bercita rasa kuat dengan sambal gochujangnya tersebut, Cha Jang Myun Dok Do Korean Restaurant ini, cenderung tawar. 




Salah satu hal yang menarik dari kebiasaan makan orang Korea yakni banyaknya side dish  yang disajikan di meja makan mereka. Di restauran ini kita juga mendapatkan free side dish berupa kimchi, acar ubur-ubur, tumisan bayam, tauge, ikan, salad buah, serta kerang rebus yang disajikan dalam mangkuk besar. Tidak hanya side dish kita juga mendapatkan teh tawar gratis dan dessert berupa berbagai potongan buah serta segelas teh kayu manis.

Patbingsu

Untuk minuman sendiri, tidak banyak yang ditawarkan restauran ini. Jika anda tidak masalah untuk mengkonsumsi alkohol, di restauran ini terdapat arak beras korea ; Soju. Atau anda bisa mencoba Patbingsu; es campur pasta kacang merah yang disajikan dengan potongan agar, kolang-kaling, serta eskrim vanila yang berlimpah. Patbingsu seharga 35ribu rupiah ini bisa dinikmati untuk dua orang karena porsinya yang besar.

Jadi bagaimana? mau mencicipi cita rasa masakan Korea ? 


*Harga : Rp. 30.000- ratusan ribu rupiah
Bi Bimbab : Rp. 50.000
Cha Jang Myun : Rp 50.000





Teks & Foto : 
VITRI JUNIATI


1 comment: