Sunday, December 8, 2013

Tips Wisata Kuliner

("Makan presto?" - Aldio Cahyo S.)
Mencicipi makanan khas dari suatu tempat memang sedang menjadi trend liburan saat ini. Bahkan, sekarang sering diadakan festival makanan besar yang menyajikan makanan khas unik dan menggoda dari berbagai wilayah. Namun, ada beberapa tips yang perlu anda perhatikan ketika sedang berwisata kuliner agar anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut tips-tipsnya:

1. Pilih makanan yang paling khas dan belum pernah dicicipi
Meski banyak yang makanan yang dijajakan, jangan sampai membuat anda terkecoh untuk mencicipi semua makanan yang ada, pilihlah menu paling khas dan belum anda cicipi sebelumnya. Agar wisata kuliner anda lebih efektif dan efisien. 
 2. ‘Jangan lapar mata’

Jangan tergoda dengan bentuk dan warna-warna yang mencolok. Seleksilah makanan yang menurut anda paling anda inginkan. Karena tidak semua makanan cocok di lidah.

3. Tanya harga terlebih dahulu
Biasanya didalam festival-festival ataupun tempat-tempat makan kaki lima banyak ditemukan pedagang nakal yang mematok tarif terlalu tinggi, menanyakan harga terlebih dahulu sangat penting agar anda terhindar dari perbuatan curang tersebut. hal ini menjadi sangat penting. Jangan sampai anda telah memesan banyak namun uang yang anda miliki tidak mencukupi. Hal ini juga menghindari ‘kanker’ dompet yang bisa membunuh anda setelah wisata.  

4. Minum air putih
Bisa menyantap banyak jenis kuliner tentu jadi tujuan traveler. Agar bisa melahap banyak makanan, pilih saja air putih sebagai minuman. Milkshake, jus atau bahkan kopi hanya akan membuat perut Anda cepat kenyang. Hasilnya, makanan yang disantap semakin sedikit.

5. Beri jeda waktu dari satu makanan ke makanan lain
Walau sedang berada di pasar kuliner, Anda sebaiknya tidak melahap seluruh makanan dalam kurun waktu yang berdekatan. Ini sama saja memaksa perut menampung banyak makanan melebihi kapasitas. Salah-salah Anda malah bisa menjadi mual atau sakit perut.


(Nurul Laelatul Latifah)

1 comment:

  1. ojekbebek siap membantu dan memandu anda berwisata kuliner di semarang, silahkan hub kami 024-7007-4458

    ReplyDelete