Wednesday, January 1, 2014

Si Bulat, Putih Manis Legit


Putu

Tahukah anda bunyi sulingan air yang kadang lewat di sekitar tempat tinggal anda? Bunyi udara dari hasil sulingan air tersebut adalah bunyi khas dari penjual makanan yangterkenal di Jawa Tengah, yaitu Putu. Unik bukan cara penjual makanan Putu menarik pembelinya.
Putu merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan dan dimasak menggunakan potongan bamboo sesuai ukuran yang diinginkan. Putu berisi gula jawa dan disajikan dengan taburan kelapa muda.



Cara pembuatan putu yang dilakukan oleh pedagang sangatlag sederhana. Beras ketan yang telah dihaluskan atau di tumbuk dikukus sampai berupa gumpalan-gumalan. Selanjutnya gumpalan dipasukkan ke dalam bamboo yang telah dipoteng. Masukkan separuh bamboo. Kemudian isi bamboo dengan irisan gula jawa dan tutup kembali dengan gumpalan beras ketan kembali.
pembuatan Putu
Kukus bamboo yang berisi ketan beras tersebut diatas lubang-lubang sulingan air. Butuh sekitar lima menit sampai kukusan putu matang. Setelah kukusan diangkat keluarkan isinya dan taburi dengan parutan kelapa muda.
Penjual putu hanya akan kita jumpai ketika pedagang lewat di sekitar tempat tinggal. Biasanya mereka berkeliling kampong dengan suara udara dari sulingan air. Sekarang sudah sangat jarang kita menemukan makanan tersebut karena penjualnya semakin langka kita jumpai.
Putu dengan taburan kelapa muda ini biasanya di hargai denga Rp 1.000/3 bijinya.

USWATUN HASANAH

No comments:

Post a Comment